Deskripsi Pekerjaan (Pengertian, Manfaat, Indikator dan Unsur) (2022)

Deskripsi pekerjaan atau job description adalah suatu statement, penjelasan dan informasi tertulis mengenai karakteristik sebuah jabatan atau pekerjaan (tugas, tanggung jawab, kondisi pekerjaan, hubungan pekerjaan dan aspek-aspek pekerjaan) yang disusun secara jelas dan teratur serta harus dilakukan oleh karyawan dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Deskripsi Pekerjaan (Pengertian, Manfaat, Indikator dan Unsur) (1)

Deskripsi pekerjaan adalah keseluruhan kajian ringkasan informasi pekerjaan dan syarat- syarat pelaksanaannya sebagai hasil dari analisis, yang biasanya berisi tugas pokok dari uraian tersebut. Deskripsi pekerjaan tidak membahas masalah orang atau pekerja, tetapi masalah ruang lingkup kegiatan, fungsi dasar atau tugas pokok, nama pekerjaan, wewenang dan kewajiban, tanggung jawab, kriteria penilaian dan hasilnya.

Deskripsi pekerjaan merupakan pedoman, petunjuk dan arah tindakan bagi tenaga kerja untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Dengan adanya deskripsi pekerjaan maka diharapkan pegawai atau karyawan dapat melaksanakan tugas dengan baik guna menciptakan kinerja yang optimal. Perancangan pekerjaan dan deskripsi tugas yang jelas, maka karyawan akan semakin produktif dan berprestasi sehingga keuntungan ekonomis dari deskripsi pekerjaan akan diperoleh.

(Video) Mengenal Komponen Elektronika Part#1-4 (Cuplikan), Belajar elektronika part1-4

Berikut definisi dan pengertian deskripsi pekerjaan dari beberapa sumber buku:

  • Menurut Yani (2012), deskripsi pekerjaan adalah hasil analisis pekerjaan sebagai rangkaian kegiatan atau proses menghimpun dan mengolah informasi mengenai pekerjaan.
  • Menurut Hasibuan (2000:32), deskripsi pekerjaan adalah adalah informasi tertulis yang menguraikan tugas dan tanggung jawab, kondisi pekerjaan, hubungan pekerjaan, dan aspek-aspek pekerjaan pada suatu jabatan tertentu dalam organisasi.
  • Menurut Sirait (2006), deskripsi pekerjaan adalah rumusan kewajiban dan tanggung jawab dalam pekerjaan-pekerjaan tertentu yang disusun secara jelas dan teratur.
  • Menurut Ranupandojo dan Husnan (1996), deskripsi pekerjaan merupakan suatu statement yang teratur dari berbagai tugas dan kewajiban suatu jabatan tertentu.
  • Menurut Santoso dan Masman (2015), deskripsi pekerjaan adalah daftar jabatan, tanggung jawab, hubungan pelaporan, kondisi jabatan dan tanggung jawab penyeliaan.
  • Menurut Rivai (2005), deskripsi pekerjaan adalah hasil analisis pekerjaan sebagai rangkaian kegiatan atau suatu proses menghimpun dan mengolah informasi mengenai pekerjaan.
  • Menurut Dessler (2004), deskripsi pekerjaan adalah sebuah pernyataan tertulis tentang apa yang harus dilakukan oleh pekerja, bagaimana orang itu melakukannya, dan bagaimana kondisi kerjanya.
  • Menurut Mathis (2006), deskripsi pekerjaan adalah penjelasan karakteristik pekerjaan (tugas dan tanggung jawab dari suatu pekerjaan) yang harus dilakukan oleh karyawan dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Manfaat Deskripsi Pekerjaan

Menurut Ardana dkk (2012), manfaat deskripsi pekerjaan adalah sebagai berikut:

  1. Membantu menghindari adanya kebingungan, dan memberikan pemahaman dalam melaksanakan pekerjaan.
  2. Untuk menghindari tumpang tindih tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
  3. Memberikan kemudahan dalam berbagai aktivitas SDM.
  4. Membantu karyawan dalam perencanaan karir, mengurangi praktik diskriminasi dalam promosi dan pemindahan serta memudahkan evaluasi pekerjaan.
  5. Bermanfaat juga untuk program keselamatan kerja.
  6. Untuk perencanaan perubahan organisasi dan reorganisasi.
  7. Memberi arahan tentang pengalaman yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan.
  8. Untuk memperbaiki prosedur dan metode kerja, agar pekerjaan tersebut bisa efektif dan efisien.
  9. Membantu memperbaiki administrasi dan pengendalian pekerjaan.

Sedangkan menurut Simamora (1997), adanya deskripsi pekerjaan memberikan manfaat bagi karyawan dan perusahaan sebagai berikut:

  1. Desain organisasi. Deskripsi pekerjaan melengkapi instrumen-instrumen deskriptif lainnya, seperti bagan organisasi, ketepatan-ketepatan fungsi unit kerja dengan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang hubungan-hubungan organisasional dan keluaran.
  2. Klarifikasi tanggung jawab. Deskripsi pekerjaan membantu menghindari adanya kebingungan dan memberikan pemahaman atau penjelasan. Gambaran yang jelas apa yang akan menjadi tanggung jawab seorang individu dapat mengurangi kesalahpahaman dan ambiguitas.
  3. Rekrutmen. Deskripsi pekerjaan dapat dipakai untuk membuat iklan rekrutmen dan memberikan informasi tambahan kepada pelamar tentang lowongan-lowongan pekerjaan.
  4. Desain tes. Deskripsi pekerjaan dapat dipakai untuk mengidentifikasi calon-calon pekerja, apakah dia mengaitkan item-item tes dengan persyaratan pekerjaan.
  5. Wawancara. Deskripsi pekerjaan memberikan informasi yang ringkas dan lengkap kepada pewawancara tentang pekerjaan.
  6. Orientasi. Deskripsi pekerjaan akan membantu menentukan persyaratan-persyaratan pekerjaan dan menolong karyawan baru memahami secara jelas tentang tugas dan tanggung jawabnya.
  7. Pelatihan. Deskripsi pekerjaan dapat dipakai untuk penentuan kebutuhan pelatihan yang dibutuhkan oleh karyawan untuk kinerja yang lebih efektif dan efisien.
  8. Evaluasi pekerjaan. Deskripsi pekerjaan dapat dipakai untuk menentukan faktor-faktor yang terbandingkan dalam proses evaluasi pekerjaan.
  9. Penilaian kinerja. Deskripsi pekerjaan dapat menentukan landasan-landasan menilai karyawan selama penilaian kinerja.
  10. Survey Kompensasi. Deskripsi pekerjaan dapat memberikan informasi untuk perbandingan-perbandingan internal (melalui evaluasi pekerjaan) maupun perbandingan-perbandingan internal (melalui analisis survei).
  11. Penempatan keluaran. Deskripsi pekerjaan dapat memainkan peran penting dalam proses perubahan karir.

Indikator Deskripsi Pekerjaan

Menurut Hasibuan (2007), deskripsi pekerjaan memiliki beberapa indikator, yaitu sebagai berikut:

(Video) Cara Merumuskan Indikaor dan Tujuan Pembelajaran

  1. Apa yang dilakukan. Setelah menempati jabatan yang ditetapkan apa yang dilakukan dengan tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang diemban oleh seorang karyawan untuk menjalankan aktivitas organisasi perusahaan.
  2. Kecakapan. Kemampuan seorang karyawan menjalankan tugas yang diberikan kepadanya dan kesanggupan membangun hubungan dengan rekan kerja, ataupun dengan atasan.
  3. Pendidikan yang diperlukan. Setiap jabatan yang ada masing-masing diperlukan pendidikan apa yang diperlukan untuk untuk menduduki jabatan tersebut.
  4. Kondisi. Dimana jabatan itu dilaksanakan seseorang karyawan yang duduk dalam suatu jabatan harus mampu melihat keadaan, keterangan tentang bahan yang dipakai, serta mampu memahami apa yang harus dilakukan di intern organisasi serta di ekstern organisasi.
  5. Jenis dan kualitas orang yang diperlukan untuk jabatan tersebut. Pada keterangan diatas bahwa seseorang yang akan memangku jabatan harus memenuhi kriteria yang ditentukan oleh perusahaan.

Masih menurut Hasibuan (2010), beberapa indikator dalam deskripsi pekerjaan yaitu:

  1. Identifikasi pekerjaan atau jabatan, yakni memberikan nama jabatan seperti rektor, dekan, dosen atau kepala bagian administrasi.
  2. Hubungan tugas dan tanggung jawab, yakni perincian tugas dan tanggungjawab secara nyata diuraikan secara terpisah agar jelas diketahui. Rumusan hubungan sebaiknya menunjukkan hubungan antara pejabat dengan orang lain di dalam maupun di luar organisasi.
  3. Standar wewenang dan pekerjaan, yakni kewenangan dan prestasi yang harus dicapai oleh setup pejabat harus jelas.
  4. Syarat kerja harus diuraikan dengan jelas, seperti alat, mesin, dan bahan baku yang akan dipergunakan untuk melakukan pekerjaan tersebut.
  5. Ringkasan pekerjaan atau jabatan, sebaiknya menguraikan bentuk umum pekerjaan dengan hanya mencantumkan fungsi dan aktivitas utamanya.
  6. Penjelasan tentang jabatan di bawah dan di atasnya, yaitu harus dijelaskan jabatan dari mana si petugas dipromosikan dan ke jabatan mana si petugas akan dipromosikan.

Unsur-unsur Deskripsi Pekerjaan

Unsur-unsur atau elemen yang ada di dalam deskripsi pekerjaan adalah sebagai berikut:

a. Identitas pekerjaan (job identity)

Identitas pekerjaan berisi tentang beberapa jenis informasi, seperti; nama pekerjaan dan status pekerjaan. Dalam deskripsi pekerjaan memungkinkan pengidentifikasian bebas tidaknya status pekerjaan secara cepat. Kode pekerjaan, yang memudahkan perujukan semua pekerjaan, kode ini mewakili karakteristik yang penting dari pekerjaan yang bersangkutan. Identitas pekerjaan juga ada yang memuat tanggal pembuatan, ditulis oleh, yang menyetujui, menunjukkan lokasi pekerjaan tersebut berkenaan dengan pabrik/divisi, juga ditunjukkan jabatan atasan langsung.

b. Ringkasan pekerjaan (job summary)

Ringkasan pekerjaan merupakan rangkuman umum perihal tanggung jawab utama dan komponen-komponen yang membedakan pekerjaan tersebut dengan pekerjaan lainnya. Ringkasan pekerjaan memberitahukan apa pekerjaan tersebut, bagaimana pelaksanaannya dan mengap. Ringkasan pekerjaan mempunyai dua tujuan, yaitu:

(Video) PENGERTIAN, SASARAN, DAN TUJUAN SDGs DESA SEBAGAI PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2021

  1. Memberikan perumusan yang singkat dan berfaedah sebagai informasi personal tambahan, bila nama jabatan belum jelas.
  2. Memberikan pelayanan sebagai suatu ikhtisar guna memperkenalkan kepada para pembaca terhadap pengertian informasi yang terinci berikutnya.

c. Hubungan kerja

Hubungan dengan jabatan-jabatan lain bertujuan untuk menetapkan bentuk hubungan promosi secara vertikal dan horizontal dari arus dan prosedur pekerjaan. Hubungan ini sangat perlu dicantumkan supaya terlihat keterkaitan pekerjaan satu sama lain, bagaimana sistem dan prosedur pekerjaan yang berlaku di perusahaan, serta bagaimana jalan arus dokumen dalam organisasi yang bersangkutan. Hal ini dapat menggambarkan hubungan kerja baik secara vertikal maupun horizontal, yang sekaligus dapat memperlihatkan pola koordinasi yang berlaku dalam organisasi yang bersangkutan.

d. Wewenang (authority)

Wewenang adalah hak untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dan hak untuk melakukannya, atau mengharuskan orang lain untuk melakukannya. Asas dasar yang menguasai hubungan ini adalah asas persamaan antara wewenang dan tanggung jawab. Asas ini menyatakan bahwa sejumlah wewenang yang sama harus menyertai delegasi tanggung jawab.

e. Kewajiban dan tanggung jawab

Kewajiban dan tanggung jawab adalah jantung dari deskripsi pekerjaan. Terdapat dua format yang lazim untuk bagian kewajiban; yang pertama adalah alinea yang menggambarkan pekerjaan. Kesulitan dalam format ini adalah bahwa pembaca mungkin sulit mengenali dengan segera fungsi-fungsi mana yang penting. Format kedua yang lebih populer adalah pengelompokan tugas-tugas dan pekerjaan dan mendaftarnya secara terpisah.

Dalam kewajiban diuraikan pekerjaan apa yang akan dilakukan, bagaimana cara melakukannya, dan apa sasaran pelaksanaan kewajiban itu. Sehingga dengan membaca urutan tersebut para pembaca mendapat informasi yang lebih jelas. Beberapa asas yang diterapkan kepada tanggung jawab, antara lain:

(Video) Pengertian Kebudayaan, Tiga Wujud Kebudayaan dan Tujuh Unsur Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

  1. Tidak boleh ada tanggung jawab yang tumpang tindih.
  2. Batas tanggung jawab harus ditentukan dengan jelas.
  3. Tidak boleh ada jurang dalam pemberian tanggung jawab.
  4. Tanggung jawab tidak diberikan untuk pekerjaan yang tidak perlu dan tidak menyumbang kepada sasaran organisasi.

f. Kondisi kerja

Uraian pekerjaan juga mencantumkan kondisi kerja yang tercakup dalam pekerjaan. Hal ini dapat mencakup hal-hal, seperti kebisingan, kondisi bahaya atau panas. Hal ini diperlukan dikarenakan untuk kebutuhan sumber daya manusia, apakah kondisi kerja yang ada itu cocok atau tidak dengan pendidikan, kondisi fisik, dan mental yang bersangkutan.

Menurut Ardana dkk (2012), unsur-unsur yang dimuat dalam deskripsi pekerjaan meliputi beberapa item informasi, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Nama jabatan/pekerjaan, digunakan untuk memberi ciri dan gambaran atas isi pekerjaan.
  2. Kode jabatan, digunakan untuk membedakan dengan jabatan lain, dan memudahkan mengadministrasikannya.
  3. Unit kerja, yaitu unit dimana jabatan tersebut berada serta eselon unit kerja atasan langsung secara berjenjang.
  4. Ikhtisar jabatan atau rumusan jabatan, yaitu uraian yang menggambarkan ruang lingkup tugas jabatan yang disusun dalam satu kalimat.
  5. Hasil kerja, yaitu segala sesuatu yang dicapai sebagai akibat dari proses pengolahan bahan kerja dengan perangkat kerja dalam waktu dan kondisi tertentu sesuai dengan tujuan organisasi.
  6. Bahan kerja, yaitu masukan yang diproses menjadi hasil kerja.
  7. Perangkat kerja, yaitu semua sarana kerja yang digunakan untuk memproses bahan kerja menjadi hasil kerja.
  8. Sifat jabatan, yaitu waktu atau bilamana dalam keadaan bagaimana jabatan dilaksanakan.
  9. Uraian tugas jabatan, yaitu memaparkan rincian pekerjaan yang merupakan tugas pokok yang dilakukan pemegang jabatan dalam proses bahan kerja menjadi hasil kerja dengan menggunakan perangkat kerja.
  10. Tanggung jawab, yaitu rincian atas segala sesuatu yang dipertanggung-jawabkan oleh pemegang jabatan.
  11. Wewenang, yaitu hak dan kekuasaan pemegang jabatan untuk mengambil sikap atau tindakan tertentu.
  12. Korelasi/hubungan jabatan, yaitu hubungan timbal balik antara pemegang jabatan yang satu dengan pemegang jabatan yang lain.
  13. Risiko bahaya dalam pekerjaan, yaitu sesuatu yang mungkin dihadapi berupa bahaya fisik dan mental.
  14. Syarat jabatan, yaitu kualifikasi yang harus dipenuhi oleh pemegang jabatan untuk dapat melaksanakan pekerjaan.

Daftar Pustaka

  • Yani, M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Mitra Wacana Media.
  • Sirait, Justine T. 2006. Memahami Aspek-aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Hasibuan, Malayu S.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Hasibuan, Malayu S.P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Ranupandojo, Heidjrachman dan Husnan, Suad. 1996. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.
  • Santoso, Y. dan Masman, R. 2016. A Pratical Guindance To Executive Compensation Management. Jakarta: Gramedia.
  • Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  • Dessler, Gary. 2004. Manjemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
  • Mathis, R.L., dan Jackson, J.H. 2006. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
  • Ardana, I Komang., Mujiati, Ni Wayan dan Utama, I Wayan M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  • Simamora, Henry. 1997. Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

FAQs

Deskripsi pekerjaan itu apa sih? ›

Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja merupakan representasi sederhana mengenai tugas yang harus dilakukan oleh karyawan dalam suatu perusahaan atau organisasi dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Apakah yang dimaksud dengan deskripsi pekerjaan jelaskan dan beri contohnya? ›

Job description adalah sebuah catatan keterangan yang berkaitan dengan tanggung jawab dan tugas atas suatu pekerjaan tertentu. Di dalam catatan ini berisi berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang harus dilakukan, bukan tentang pemegang tanggung jawab pekerjaan tersebut.

Apa manfaat job description? ›

Berikut adalah manfaat dari uraian jabatan atau deskripsi pekerjaan: Memperjelas siapa yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas-tugas dalam organisasi. Membantu karyawan memahami tugas dan tanggung jawabnya.

Bagaimana cara menulis deskripsi pekerjaan? ›

Berikut adalah tips sederhana membuat deskripsi pekerjaan yang efektif:
  1. Tarik Perhatian Pencari Kerja.
  2. Tulis dan Jelaskan Semua Hal Penting.
  3. Buat dengan Singkat.
  4. Hindari Bahasa yang Tidak Jelas.
  5. Tambahkan Konten Visual.
  6. Berikan Sentuhan yang Lebih Personal.
22 Mar 2019

Apa perbedaan deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan? ›

Deskripsi Pekerjaan adalah pernyataan deskriptif yang menggambarkan peran, tanggung jawab, tugas, dan ruang lingkup pekerjaan tertentu. Spesifikasi Pekerjaan menyatakan kualifikasi minimum yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tertentu.

Unsur unsur atau indikator apa saja kah untuk melakukan penilaian kinerja pegawai jelaskan? ›

14 Indikator Penting dalam Penilaian Kinerja Karyawan
  • Inisiatif. Inisiatif, artinya karyawan melakukan sesuatu yang membantu tanpa menunggu perintah dari atasan terlebih dahulu. ...
  • Kehadiran. ...
  • Sikap. ...
  • Keterampilan Berkomunikasi. ...
  • Berorientasi pada Divisi dan Perusahaan. ...
  • Fokus. ...
  • Peningkatan dari Evaluasi Sebelumnya. ...
  • Integritas.
17 Sept 2021

Jelaskan apa yang dimaksud dengan indikator kinerja? ›

Pengertian indikator kinerja menurut para ahli yaitu sebuah ukuran kinerja karyawan di sebuah organisasi atau perusahaan tertentu dalam mencapai tujuan organisasi/perusahaan.

Apa yang dimaksud dengan indikator kinerja dan ukuran kinerja? ›

Dalam rangka mengukur tingkat keberhasilan suatu organisasi sangat dibutuhkan adanya indikator yang jelas oleh stakeholders. Indikator kinerja adalah ukuran kuantitaif dan / atau kualitatif yang menggambarkan tingkat pencapaian suatu sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan.

Jenis jenis pekerjaan apa saja? ›

Ada berbagai jenis pekerjaan di Indonesia. Pekerjaan paling umum yang dikenali banyak orang yaitu guru, dokter, model, wartawan, polisi, pilot, pramugari, masinis, dan masih banyak lagi.
...
Jenis Pekerjaan di Bidang Bisnis
  • Akutansi. ...
  • Konsultan. ...
  • Pengusaha. ...
  • Perencana Keuangan. ...
  • Human Resources (HR) ...
  • 6. Marketing. ...
  • 7. Retail. ...
  • Sales.
4 Mar 2022

Mengapa job description sangat penting dalam analisis jabatan? ›

Penyusunan job description ini sangat penting, terutama untuk menghindarkan terjadinya perbedaan pengertian sehingga dapat menghindari pekerjaan rangkap, serta untuk mengetahui batas-batas tanggung jawab dan wewenang masing-masing jabatan.

Langkah langkah dalam melakukan analisis pekerjaan? ›

Adapun dalam analisis pekerjaan mencakup enam langkah: (1) Menetapkan kegunaan dari informasi analisis pekerjaan, (2) kumpulkanlah informasi latar belakang, (3) seleksilah posisi untuk dianalisis, (4) kumpulkanlah data analisis pekerjaan, (5) tinjaulah informasi dengan para peserta, dan (6) kembangkanlah suatu ...

Unsur unsur apa saja yang ada dalam membuat job description? ›

2. Ketahui apa yang harus disertakan dalam job description
  • Job title. Judul pekerjaan yang dicari.
  • Job profile/summary. Ringkasan tentang posisi yang diharapkan tersebut.
  • Responsibilities dan Requirement. Gambaran tanggung jawab spesifik dari peran tersebut dan kriteria yang dibutuhkan.
  • About us.
15 Oct 2021

Mengapa setiap perusahaan memerlukan deskripsi pekerjaan? ›

Job description merupakan hal penting dalam melakukan suatu jabatan atau pekerjaan. Job description yang baik akan membantu karyawan ketika mereka merasa bingung dengan tugasnya. Hal ini juga dapat menjadi acuan untuk setiap karyawan dalam menentukan sesuatu terkait pekerjaan.

Apa saja isi deskripsi diri? ›

Umumnya, isi deskripsi diri adalah:
  • Nama lengkap dan nama panggilan (atau bisa langsung ke pengalaman profesional)
  • Informasi tentang pengalaman pekerjaan.
  • Berisi tentang gambaran pendidikan.
  • Keterampilan.
  • Tujuan maupun pekerjaan yang diinginkan atau minat karier.
27 Aug 2022

Siapa yang bertanggung jawab membuat job description? ›

Biasanya job description dan Standard Operating Procedure (“SOP”) dalam sebuah perusahaan disusun oleh tim khusus yang terdiri dari tenaga-tenaga yang kompeten dari tiap divisi perusahaan, seperti marketing manager, financial manager, HRD manager, QMR (Quality Management Representative) manager, atau bahkan dengan ...

Sebutkan uraian informasi apa saja dalam spesifikasi pekerjaan? ›

Spesifikasi Pekerjaan memberikan informasi terperinci tentang pekerjaan apa pun termasuk tanggung jawab pekerjaan, keterampilan teknis dan fisik yang diinginkan, kemampuan berbicara, dan banyak lagi. Ini membantu dalam memilih kandidat yang paling tepat untuk pekerjaan tertentu.

Bagaimana proses untuk menyusun job description yang efektif? ›

Cara Menulis Job Description yang Efektif dan Menarik
  1. Tarik perhatian pelamar sejak awal. ...
  2. Jabarkan semua detil yang biasa dicari oleh pelamar kerja. ...
  3. Pastikan deskripsi Anda mudah dibaca serta singkat, padat, jelas. ...
  4. Tunjukkan keunikan dan visi perusahaan Anda. ...
  5. Jelaskan apa saja yang akan diterima oleh sang pelamar.

Faktor apa saja yang penting dalam menentukan spesifikasi pekerjaan karyawan? ›

Dimensi Spesifikasi Pekerjaan
  • Kesesuaian tanggung jawab pekerjaan dengan latar belakang pendidikan.
  • Kesesuaian tanggung jawab pekerjaan dengan latar belakang pengalaman kerja.
  • Efektivitas pelatihan dalam menunjang pekerjaan.

Metode apa saja yang digunakan dalam analisis jabatan? ›

Metode yang dapat dilakukan dapat berupa wawancara, kuisioner, observasi, catatan dari karyawan dan kombinasi antara metode-motode tersebut. Ada tiga aspek yang perlu menjadi perhatian dalam melakukan analisis ini antara lain, deskripsi, spesifikasi dan evaluasi kerja di jabatan tersebut.

Apa manfaat dari penilaian kinerja? ›

Manfaat Penilaian Kinerja Karyawan

Memberikan informasi tentang hasil yang diinginkan dari sebuah pekerjaan. Bisa mencegah terdapatnya miskomunikasi berkaitan dengan kualitas kerja yang diinginkan. Menciptakan peningkatan produktivitas karyawan sebab ada feedback atau umpan balik untuk karyawan yang berprestasi.

Jelaskan apa tujuan dan manfaat dari penilaian kinerja? ›

Tujuan Penilaian Kinerja Karyawan

Sebagai acuan untuk menentukan kompensasi, struktur upah, kenaikan gaji, promosi dan lain sebagainya. Untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan karyawan, sehingga manajemen dapat menentukan karyawan yang tepat pada posisi pekerjaan yang tepat.

1 Jelaskanlah pengertian penilaian kinerja serta apa tujuan dan manfaatnya? ›

Penilaian kinerja ialah sebuah evaluasi yang sistematis terhadap pekerjaan yang telah dilakukan oleh karyawan dan ditujukan untuk pengembangan. Penilaian kinerja merupakan prosedur yang formal dilakukan di dalam organisasi untuk mengevaluasi pegawai dan sumbangan serta kepentingan bagi pegawai.

Apa yang dimaksud dengan cascading? ›

Cascading (penjabaran) kinerja merupakan proses penjabaran dan penyelarasan kinerja dan target kinerja secara vertikal dari level unit/pegawai yang lebih tinggi ke level unit/pegawai yang lebih rendah. Misalnya: Auditor di Inspektorat, cascading dari Pengendali Teknis ke Ketua Tim dan kemudian ke Anggota Tim.

Apa arti dari kata indikator? ›

Menurut KBBI, indikator adalah sesuatu yang dapat memberikan petunjuk atau keterangan. Indikator juga dapat menjadi acuan dalam mencapai suatu tujuan. Indikator dapat digunakan untuk mengetahui faktor perubahan dalam mencapai mencapai tujuan tersebut.

Apa saja kriteria indikator kinerja yang baik? ›

Sesuai dengan pertanyaan di atas, paling tidak ada tiga kriteria yang menunjukkan berkualitas tidaknya indikator kinerja, yaitu 1) fokus pada hal-hal yang penting bagi organisasi, 2) mampu menjaga organisasi untuk tetap berada pada track serta memberikan feed back yang positif, dan 3) mampu mengukur dampak/hasil atas ...

Mengapa indikator kinerja sangat penting? ›

Untuk memperoleh informasi kinerja yang penting dan diperlukan dalam menyelenggarakan manajemen kinerja secara baik; Untuk memperoleh ukuran keberhasilan dari pencapaian suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi yang digunakan untuk perbaikan kinerja dan peningkatan akuntabilitas kinerja.

Apa saja elemen pokok pengukuran kinerja? ›

3 Elemen Penilaian Kinerja Karyawan
  1. Standar Performa Kinerja. Setiap perusahaan harus memiliki standar performa kinerja yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam penilaian kinerja karyawan. ...
  2. Kriteria Manajemen Kinerja. ...
  3. Pengukuran Kinerja.
28 Jul 2021

Mengapa indikator kinerja perlu ditetapkan? ›

Biasanya, indikator kinerja ditetapkan berdasarkan penilaian awal pada performa karyawan, dan target yang dimiliki oleh perusahaan. Tentu saja, hal ini ditetapkan agar karyawan dapat bekerja sesuai ekspektasi perusahaan sehingga target berkala dapat tercapai.

Apa perbedaan antara profesi dan pekerjaan? ›

Profesi merupakan bidang pekerjaan yang membutuhkan keahlian sedangkan pekerjaan tidak memerlukan keahlian atau keterampilan khusus untuk bisa memulainya. Siapa saja yang bisa melakukan pekerjaan, tetapi untuk melakukan sebuah profesi tentu hanya dilakoni oleh mereka yang ahli pada bidangnya.

Tuliskan 4 profesi yang kamu ketahui dan apa tugasnya? ›

Pembahasan
  • Nelayan, bertugas menjaga ketersediaan bahan pangan ikan dengan cara menangkap ikan.
  • Dokter, bertugas menjamin, menjaga, dan menyelamatkan kehidupan seseorang.
  • Tukang becak, bertugas untuk mengantarkan penumpang.
  • Pengusaha, bertugas untuk menjual berbagai produknya.

Apa manfaat kita melakukan kerjasama dengan orang lain? ›

Kerja sama tak hanya meringankan pekerjaan dalam sebuah kelompok sosial, tapi juga bagus untuk menumbuhkan kekompakan dan rasa saling percaya antar manusia. Dengan kerja sama, pekerjaan menjadi lebih ringan dan efisien, serta melatih diri untuk terbuka dengan cara atau ide baru.

8 Hal hal apa saja yang menjadi dasar analisis pekerjaan? ›

Output dari kegiatan menganalisis pekerjaan adalah deskripsi pekerjaan yang harus terdiri dari delapan bagian, yakni judul pekerjaan, ringkasan singkat, aktivitas kerja, peralatan dan perlengkapan yang digunakan, konteks kerja, standar kinerja, informasi kompensasi, dan persyaratan pribadi.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam aktivitas kerja? ›

Ini 4 Harus yang Perlu Diperhatikan dalam Bekerja
  • Kerja itu harus memiliki tujuan. Kerja itu harus memiliki tujuan dan menjadikannya sebuah plot utama agar Anda tetap berada di dalam jalan yang Anda inginkan. ...
  • Kerja itu harus optimis. ...
  • Kerja itu harus pintar. ...
  • Kerja itu harus sepenuh hati.
8 Oct 2016

Apa saja hal hal yang harus diperhatikan dalam analisis pekerjaan? ›

Analisis pekerjaan terdiri dari analisis terhadap hal-hal seperti: aktivitas yang dilakukan seorang pegawai; alat, perlengkapan, dan bantuan kerja yang digunakan oleh pegawai dan kondisi di mana aktivitas tersebut dilaksanakan.

Deskripsi pekerjaan itu apa sih? ›

Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja merupakan representasi sederhana mengenai tugas yang harus dilakukan oleh karyawan dalam suatu perusahaan atau organisasi dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Apa yang dimaksud dengan deskripsi pekerjaan? ›

Job description atau uraian jabatan atau gambaran tugas adalah suatu pernyataan tertulis yang berisi tujuan dari dibentuknya suatu jabatan/tugas.

Job description Itu artinya apa? ›

Job scope adalah banyaknya dan variasi pekerjaan yang dikerjaan oleh pekerja. banyaknya kesalahan dan rendahnya kualitas. pekerjaan mereka, bekerja sesuai kecepatannya dan berkomunikasi ketika ia mau.

Apakah yang dimaksud dengan deskripsi pekerjaan jelaskan dan beri contohnya? ›

Job description adalah sebuah catatan keterangan yang berkaitan dengan tanggung jawab dan tugas atas suatu pekerjaan tertentu. Di dalam catatan ini berisi berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang harus dilakukan, bukan tentang pemegang tanggung jawab pekerjaan tersebut.

2 apakah suatu pekerjaan bisa dijalankan tanpa deskripsi pekerjaan? ›

tidak. Penjelasan: jika tiap karyawan tidak diberi deskripsi pekerjaan yang detail, maka akan terjadi kebingungan dalam pekerjaan. apabila ada deskripsi pekerjaan yang detail, maka pekerjaan akan lebih teratur dan pengelolaan tanggung jawab akan terarah sehingga perusahaan akan berhasil.

Bagaimana perusahaan dalam mengatur jobs description agar semua nya dapat berjalan dengan baik? ›

6 Tips Cara Membuat Job Description Agar Karyawan Lebih Efektif
  1. Buat Struktur Organisasi Menjadi Kendali Dalam Setiap Jabatan.
  2. Kumpulkan Data Pekerjaan yang Harus Dilakukan di Perusahaan Anda.
  3. Spesifikasikan Pekerjaan Berdasarkan Jabatan.
  4. Buat Daftar Tanggung Jawab, Hak, dan Kewajiban Sesuai Level Management.
1 Sept 2021

Apa isi deskripsi pekerjaan? ›

Job description adalah dokumen yang berisi keterangan yang jelas tentang tugas suatu pekerjaan, tanggung jawabnya, serta keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Analisis pekerjaan terdiri dari apa saja jelaskan? ›

Hal-hal yang menjadi cakupan analisis pekerjaan diantaranya adalah analisis jenis pekerjaan, analisis kualifikasi pekerja, analisis perhitungan beban kerja, analisis penempatan pekerja, hingga analisis dalam menentukan standar kualitas pekerjaan.

Langkah langkah dalam melakukan analisis pekerjaan? ›

Adapun dalam analisis pekerjaan mencakup enam langkah: (1) Menetapkan kegunaan dari informasi analisis pekerjaan, (2) kumpulkanlah informasi latar belakang, (3) seleksilah posisi untuk dianalisis, (4) kumpulkanlah data analisis pekerjaan, (5) tinjaulah informasi dengan para peserta, dan (6) kembangkanlah suatu ...

Apa yang dimaksud dengan analisis pekerjaan? ›

Menurut Hasibuan (2011:28) analisis pekerjaan (job analysis) adalah menganalisis dan mendesain pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan, bagaimana mengerjakannya, dan mengapa pekerjaan itu harus dilakukan.

Bagaimana proses untuk menyusun job description yang efektif? ›

Cara Menulis Job Description yang Efektif dan Menarik
  1. Tarik perhatian pelamar sejak awal. ...
  2. Jabarkan semua detil yang biasa dicari oleh pelamar kerja. ...
  3. Pastikan deskripsi Anda mudah dibaca serta singkat, padat, jelas. ...
  4. Tunjukkan keunikan dan visi perusahaan Anda. ...
  5. Jelaskan apa saja yang akan diterima oleh sang pelamar.

Apa yang dimaksud dengan klasifikasi pekerjaan? ›

Job Classification adalah sebuah metode atau sistem untuk menentukan dan mengevaluasi tugas, tanggung jawab, tingkat tugas secara obyektif dan akurat didalam lingkungan pekerjaan.

Siapa yang bertanggung jawab membuat job description? ›

Biasanya job description dan Standard Operating Procedure (“SOP”) dalam sebuah perusahaan disusun oleh tim khusus yang terdiri dari tenaga-tenaga yang kompeten dari tiap divisi perusahaan, seperti marketing manager, financial manager, HRD manager, QMR (Quality Management Representative) manager, atau bahkan dengan ...

3 Apa saja prinsip prinsip analisis pekerjaan jelaskan? ›

Prinsip Analisis Pekerjaan
  • Analisis pekerjaan harus memberikan semua fakta penting yang ada hubungannya dengan pekerjaan;
  • Analisis pekerjaan harus dapat memberikan fakta yang diperlukan untuk bermacam-macam tujuan;
  • Analisis pekerjaan harus sering ditinjau, bila perlu dipeberbaiki;

Apakah tujuan dan manfaat perencanaan SDM? ›

Perencanaan SDM merupakan proses perencanaan sistematis untuk memaksimalkan sumber daya manusia sebagai aset utama perusahaan. Tujuan dari perencanaan SDM ini adalah untuk memastikan kesesuaian antara tenaga kerja dan pekerjaan, baik dari segi jumlah maupun kualitas yang dibutuhkan.

Apa itu job description menurut para ahli? ›

Menurut Hasibuan (2007:32) “job description adalah gambaran tertulis yang menguraikan tugas dan tanggung jawab, kondisi pekerjaan, hubungan pekerjaan dan aspek-aspek pekerjaan pada suatu jabatan tertentu dalam organisasi”.

8 Hal hal apa saja yang menjadi dasar analisis pekerjaan? ›

Output dari kegiatan menganalisis pekerjaan adalah deskripsi pekerjaan yang harus terdiri dari delapan bagian, yakni judul pekerjaan, ringkasan singkat, aktivitas kerja, peralatan dan perlengkapan yang digunakan, konteks kerja, standar kinerja, informasi kompensasi, dan persyaratan pribadi.

Apa saja manfaat dari analisis jabatan? ›

Salah satu tujuan analisis jabatan adalah untuk mempermudah perekrutan karyawan. Analisis pekerjaan diterapkan untuk mengevaluasi di mana seorang karyawan melakukan pekerjaan tertentu. Tujuan dari analisis ini adalah untuk melihat kemampuan dan keterampilan unik yang dibutuhkan untuk setiap posisi di perusahaan.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam aktivitas kerja? ›

Ini 4 Harus yang Perlu Diperhatikan dalam Bekerja
  • Kerja itu harus memiliki tujuan. Kerja itu harus memiliki tujuan dan menjadikannya sebuah plot utama agar Anda tetap berada di dalam jalan yang Anda inginkan. ...
  • Kerja itu harus optimis. ...
  • Kerja itu harus pintar. ...
  • Kerja itu harus sepenuh hati.
8 Oct 2016

Videos

1. Pembahasan Materi Pengembangan KD Menjadi Indikator
(Meina Febriani)
2. Aplikasi Admin Slot Setting Menang Kalah Pemain | Cara Kerja Admin Judi Slot Online Pragmatic Play
(Jalur Orang Dalam)
3. Mengenal Tanda Gejala Kekurangan Unsur Hara MIKRO yang di butuhkan Tanaman
(INFO RAGAM PERTANIAN)
4. Apa Itu Bela Negara, Pengertian, Konsep, Unsur, Landasan Hukum dan Tujuannya
(GridKids)
5. PERANGKAT PEMBELAJARAN || SILABUS DAN RPP
(Arfilia Wijayanti)
6. MANAJEMEN ORGANISASI
(TRUSTCO Solution)

Top Articles

You might also like

Latest Posts

Article information

Author: Rev. Porsche Oberbrunner

Last Updated: 08/13/2022

Views: 5928

Rating: 4.2 / 5 (53 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Rev. Porsche Oberbrunner

Birthday: 1994-06-25

Address: Suite 153 582 Lubowitz Walks, Port Alfredoborough, IN 72879-2838

Phone: +128413562823324

Job: IT Strategist

Hobby: Video gaming, Basketball, Web surfing, Book restoration, Jogging, Shooting, Fishing

Introduction: My name is Rev. Porsche Oberbrunner, I am a zany, graceful, talented, witty, determined, shiny, enchanting person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.